twitter
rss


Mental yang sehat tidak akan mudah terganggu oleh Stressor (Penyebab terjadinya stres) orang yang memiliki mental sehat berarti mampu menahan diri dari tekanan-tekanan yang datang dari dirinya sendiri dan lingkungannya.
(Noto Soedirdjo, 1980) menyatakan bahwa ciri-ciri orang yang memilki kesehatan mental adalah Memilki kemampuan diri untuk bertahan dari tekanan-tekanan yang datang dari lingkungannya. Sedangkan menurut Clausen Karentanan (Susceptibility) Keberadaan seseorang terhadap stressor berbeda-beda karena faktor genetic, proses belajar dan budaya yang ada dilingkungannya, juga intensitas stressor yang diterima oleh seseorang dengan orang lain juga berbeda .
Seperti fenomena Pemerkosaan yang terjadi di Indonesia beberapa waktu belakangan ini, hal tersebut terjadi karena mental yang kurang sehat. Mereka yang melalukan hal tersebut bukan tanpa disadari ataupun ketidaksengajaan, namun karena mental mereka yang terganggu. Jika ditinjau dari psikoanalisa orang yang seperti diatas adalaha orang yang tidak dapat mengendalikan egonya, ketika id(kebutuhan hasrat) sedang tinggi untuk menyalurkannya dia tidak memiliki pertahanan ego yaitu cara ego untuk menyalurkan tekanan kecemasan dari id dengan cara yang lebih rasionalisasi kearah yang tidak bahaya atau menyulimasi keinginan tersebut. Disaat ego tidak dapat bekerja dan super ego(suara hati atau norma) tidak dapat mengampil peran sebagai pengendali id, maka id akan semakin besar dan hal tersebut akan disalurkan tanpa berfikir kembali, maka timbullah perilaku menyimpang atau gangguan kesehatan mental.
Sementara itu sekarang ini banyak terjadi tawuran baik dikalangan pelajar  SMP/SMA maupun tawuran antar “geng”. Meraka para pelaku tawuran sama sekali tidak memiliki rasa takut terhadap apaun ataupun memiliki perasaan malu terhadapa apa yang yang diperbuatnya, justru mereka merasa bangga jika ikut berpatisipasi dalam tawuran tersebut. Salah satu cirri meraka memiliki mental yang tidak adalah ketidakmatangan emosi, meraka cenderung melakukan hal yang menurut mereka adalah sebuah kesenangan namun tidak untuk orang lain yang menjadi korban kericuhan mereka. Tawuran dapat menyebabkan trauma pada korbannya, kondisi psikologis yang dialami korbannya akan menjadi hal yang paling ditakuti ketika mengalami hal yang serupa.

0 komentar:

Posting Komentar