twitter
rss


Menurut Segall, Dasen dan Poortinga, psikologi lintas-budaya adalah kajian mengenai perilaku manusia dan penyebarannya, sekaligus memperhitungkan cara perilaku itu dibentuk dan dipengaruhi oleh kekuatan-kekuatan sosial dan budaya.
Definisi ini mengarahkan perhatian pada dua hal pokok: keragaman perilaku manusia di dunia dan kaitan antara perilaku terjadi.
Tujuan Psikologi Lintas Budaya
  • Ahli psikologi berupaya memahami perilaku tertentu manusia dari berbagai sudut pandang seperti kapan biasanya terjadinya perilaku tersebut, mengapa itu bisa terjadi dan memprediksi bentuk perilaku yang akan terjadi.


Hubungan psikologi lintas budaya dengan disiplin ilmu lain
·         Psikologi Lintas Budaya dengan Sosiologi
Psikologi lintas budaya dan sosiologi sama-sama mengamati perilaku manusia dalam suatu kelompok yang mempunyai  hubungan dan kepentingan bersama dalam suatu budaya

·         Psikologi Lintas Budaya dengan Antropologi
Psikologi lintas budaya dan antropologi sama-sama mempelajari tentang aspek manusia baik dari aspek fisik(warna kulit, bentik rambut,mata dan tubuh) ataupun aspek nonfisik (kebudayaan, politik) serta keragaman perilaku manusia di dunia.

·         Psikologi Lintas Budaya dengan Ilmu Sosial
Psikologi lintas budaya dan ilmu social mempelajari aspek-aspek yang berhubungan manusia secara subyektif, inter-subyektif dan obyektif atau structural.

·         Psikologi Lintas Budaya dengan Ilmu Budaya Dasar
Psikologi lintas budaya dan ilmu budaya dasar mempelajari tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

Perbedaan antara Psikologi Lintas Budaya dengan Ilmu lain
  • Psikologi Lintas Budaya dengan Psikologi Indigenous
Psi Indigenous adalah kajian ilmiah mengenai perilaku dan mental manusia yang bersifat pribumi, tidak dibawa dari daerah lain, dan didesain untuk masyarakatnya sendiri. Indigenous Psychology merupakan suatu terobosan baru dalam dunia psikologi yang mana merupakan suatu untuk memahami manusia berdasarkan konteks kultural/budaya.
>>  Jadi, psikologi lintas budaya mengkaji perilaku manusia dalam suatu budaya secara psikologis sedangkan psikologi indigenous memahami manusia berdasarkan konteks budaya itu sendiri.
  • Psikologi Lintas budaya dengan Psikologi Budaya
Psikologi  Budaya adalah studi tentang cara tradisi budaya dan praktek sosial meregulasikan, mengekspresikan, mentransformasikan dan mengubah psike manusia.
>> Jadi , Psikologi lintas budaya melihat persamaan dan perbedaan dalam fungsi individu secara psikologis, dalam berbagai budaya dan kelompok etnik sedangkan Psikologi budaya melihat bagaimana budaya dapat mentransformasikan dan mengubah psike seseorang.
  • Psikologi Lintas budaya dengan Antropologi
Antropologi adalahIlmu yg memepelajari  tentang segala aspek manusia yang terdiri dari aspek fisik (warna kulit, rambut,mata,tubuh) dan non fisik (kebudyaan, politik)
>> Jadi, perbedaannya adalah psikologi Lintas budaya lebih menilai manusia dari aspek psikologinya sedangkan antropologi lebih menilai dari aspek fisik dan non-fisik tergantung dari budayanya.
id.wikipedia.org/wiki/Psikologi_lintas_budaya
http://cicp.psikologi.ugm.ac.id/index.php/about-cicp/wip
http://kulpulan-materi.blogspot.com/2012/03/tujuan-psikologi-lintas-budaya.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_sosial





0 komentar:

Posting Komentar